kAJIAN SASTRA (sambungan)

Posted: Maret 19, 2009 in Uncategorized

KAJIAN SASTRA

(sambungan)

 

 

3.     Pendekatan Ekspresif

 

Pendekatan ekspresif adalah pendekatan dalam kajian sastra yang menitik beratkan kajiannya pada ekspresi perasaan atau temperamen penulis (Abrams, 1981 : 189). Karya sastra adalah anak kehidupan kreatif seorang penulis dan mengungkapkan pribadi pengarang (Selden, 1985:52). Karya sastra tidak akan hadir tanpa ada yang menciptakannya sehingga pencipta karya sastra sangat penting kedudukannya (Junus, 1985:2). Dari sudut semiotik, Zoest (1990:51) mengungkapkan bahwa dibalik sebuah teks selalu ada tujuan. Pengaranglah yang menentukan apakah teks yang ditulisnya dimaksudkan sebuah karya sastra atau bukan. Karya sastra pada hakikatnya adalah tuangan pengalaman penulis (Teeuw, 1984; Selden, 1985; Roekhan, 1995; Eneste, 1982).

 

Dalam pendekatan ini, penilaian terhadap karya seni ditekankan pada keaslian dan kebaruan.

 

Terdapat keberatan dan kritik terhadap pendekatan ekspresif, anatara lain dari kaum formalis, strukturalis, dan pragmatis. Menjawab hal ini, Juhl mengemukakan tiga alasan. Pertama, ada kaitan lohik anatara pernyataan mengenai arti sebuah karya dan pernyataan mengenai niat penulisnya. Kedua, penulis adalah orang yang nyata-nyata terlibat dan bertanggungjawab atas proposisi yang diajukannya dalam karyanya. Ketiga, karya sastra mempunyai satu dan hanya satu arti.

 

Di Indonesia contoh penelitian sastra yang menggunakan pendekatan ini, adalah Arief Budiman, Chairil Anwar: Sebuah Pertemuan dengan Pribadi Chairil Anwar; Aris Purwanto (tesis, 1988), Pendekatan Struktural Genetik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s